Thursday, July 12, 2012

Paper Cutter vs Mini Paper Shredder

Gutten Nacht ^^

Selamat malam kawan-kawan. Saya hadir kembali nih. Kali ini saya membahas postingan mengenai hasil potongan Paper Cutter dengan Mini Paper Shredder. Beberapa waktu yang lalu saya telah menuliskan mengenai Mini Paper Shredder (tulisan dan gambarnya bisa dibaca dan dilihat di sini). Nah meski imut-imut sekali paper shredder-nya tetapi ternyata hasilnya kurang memuaskan (menurut saya). Berikut ini ada gambar hasil potongan dan perbandingannya. 

Gambar ini adalah hasil potongan Mini Paper Shredder. Pinggirnya bergerigi dan tidak halus. Kemudian timbul serabut kasar juga dibagian hasil pemotongannya. Untuk waktu pengerjaannya memang sangat mudah dan menyenangkan, karena sangat menghemat waktu dan tenaga, sekaligus bisa sambil bermain-main. 
Saya sih tetap menggunakannya kok meski hasilnya kurang maksimal. Kalau mau hasil potongannya bagus dan juga rapi kita bisa gunakan Paper Shredder listrik (for your information: harganya rata-rata mahal kawan). Berhubung modal saya masih sedikit maka saya mengakalinya dengan menggunakan Paper Cutter. Penggunaan Paper Cutter ini memang lebih halus. Kekurangannya adalah saya harus mengukur sendiri ukuran kertas yang akan dipotong dan juga harus teliti dan berhati-hati agar presisi hasil potongannya.

Berikut ini saya bagi foto alat Paper Cutter yang saya miliki. Saya suka sekali dengan Paper Cutter ini, mengapa demikian? Karena bisa memudahkan saya dalam bekerja, meski tidak hemat waktu dan tenaga. dan bisa digunakan untuk potong kertas apa saja asal ketebalannya disesuaikan.
Oh iya, meski tidak terlihat berbahaya, akan tetapi harus tetap berhati-hati, karena tetap saja sebuah pemotong kertas dari besi yang cukup tajam. Jari telunjuk saya pernah menjadi korbannya, walhasil sampai terlihat dagingnya *agak serem sih memang* Hehehehe maaf ya, untuk pembelajaran saja. Jadi memang harus-hati hati sih dalam bekerja. Mengingatkan lagi agar dijauhkan dari anak-anak.
Kertas Paper Quilling yang saya gunakan itu ada tiga ukuran utama yakni 1 cm, 5 mm dan 3 mm. Kebetulan nih Paper Cutter saya hanya bisa mengukur ukuran 5 mm dan 1 cm. Nah, saya mengkreasikan Paper Cutter saya dengan kertas milimeter blok, sehingga bisa digunakan untuk mengukur kertas sampai 3 mm. Alhamdulillah lebih mudah apabila menggunakan milimeter blok. Berikut adalah beberapa foto close up-nya
Ini untuk ukuran kertas 3mm. Tinggal menghitung jumlah kotaknya saja (1 kotak untuk 1 mm)
Ini ukuran 5 mm (atas) dan 3 mm (bawah). Kalau gambar berikut ini saya letakkan di bagian bawah Paper Cutter-nya, karena ukuran Paper Cutter punya saya lebih besar darri ukuran A4.
Berikut adalah langkah dalam memotong kertas dengan menggunakan Paper Cutter.
1. Ukurlah kertas yang akan dipotong, sesuaikan dengan kertas yang ingin dipotong
2. Kemudian tutuplah penjepit kertas agar kertas tidak bergeser
3. Tekanlah tuas pemotong kebawah dan usahakan agar tetap merapat di pinggir pemotong
4. Kertas terpotong dengan sempurna.
Untuk kertas yang dipotong hanya bisa dipotong maksimal 12 lembar, akan tetapi untuk presisi dan hasil potongan yang rapi dan bagus maka kertas yang dipotong maksimal 5 lembar saja. Tips agar bisa rapi dan hasil potongannya sama adalah dengan mengelem dibagian pinggir kertas. Dengan demikian kertas bisa terkunci dan tidak "lari" kesana-kemari.
Ini dia perbandingan hasil potongan Mini Paper Shredder (kiri) dan Paper Cutter (kanan). Sangat berbeda bukan.

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat buat para Quiller newbie yang bingung cara potong kertasnya dan juga semoga bisa menginspirasi.

Apabila di tempat kalian tidak ada yang jual Paper Cutter saya bisa membantu menyediakannya. Nanti tinggal ganti biaya alatnya dan juga ongkos kirim. Paper Cutter yang saya beli termasuk murah, saya sudah membandingkan dengan toko lain di wilayah saya. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya di 081228174278 atau doddolide@gmail.com


Terimakasih dan Keep Quilling ^^

9 comments:

  1. Wahh bener banget nih mba,,,kalau pakai paper shredder hasilnya ngga begitu bagus. Aku untungnya di kantor ku ada alat paper shredder yang besar, jadi bisa langsung shredder 10 lembar kertas, tapi karena mesinnya sudah agak lama, ada beberapa titik pisau yang tidak tajam, jadi kertasnya tidak terpotong atau lecek.

    Aku juga punya paper trimmer, tapi bentuknya agak beda, jadi terinspired nih, mau coba potong kertas pakai alat ku itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya saya kembali ke jaman kuno deh :p hehehe tapi ndak papa Paper Shreddernya tetap saya pakai ^^ bisa buat karya yang lainnya... wah coba aja mbak.. ya memang lebih capek dan enggak efisien waktu tapi halus kok potongannya ^^

      Delete
  2. saya biasanya pake pisau cutter, mini shredder & paper trimmer.pakai trimmer sbnernya enak cm pisaunya sering ganti (trimmer yg murmer:), pake trimmer yg marvy sayang klo keseringan soalny refillny mhl... pengen coba cutter yg kyk gni tp koq ya ngeriiii liat pisauny itu. Mahal ga nih jeng? bobotnya berat bnget ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas mbak *sebenarnya udah tak balas tapi kayaknya gak masuk deh mbak*
      Hem lumayan berat sekitar 3 kiloan.. ya lumayan mbak hehehe tapi gak begitu mahal kok dibanding paper shredder atau papaer trimer

      Delete
  3. lagi nyari2 artikel paper shredder,eh mampir di sini...kebetulan nih saya jual Mesin Penghancur Kertas,kalu minat bisa kontak ke (021)8515292..eh jadi promosi nih...btw thanks for info salam kenal ya...




    ReplyDelete
  4. wah..saya baru tahu,,, ternyata buat potong kertasnya pake alat berupa paper shredder. saya kira dipotong-potong pake guntung atau cutter,, hehehe... keren ya mba.. kayanya alatnya mahal ya mba, isi kantong saya pasti ga cukup untuk beli hehe.. tapi untuk pemula seperti saya lebih baik yg udah jadi ya ^^ buat praktek belajar z :D

    oia,, mba tutorialnya ditambah dunk.. biar bisa dipraktekin dirumah (belajar otodidak scr online).. mudah-mudahan usulannya ditermia.. amien :)

    Makci ^^

    ReplyDelete
  5. makasih udah posting ini. aku juga sering bingung gimana cara motongin kertas, masa harus ke pak fotokopi dulu? :D Tapi ini alatnya mahal gak? pengen beli ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya cukup menguras tabungan mbakk hehehehe :) semangat

      Delete
  6. halo mba.
    masih ada barangnya, harga paper cutternya berapa ya?

    makasih.

    ReplyDelete